Laman

Sunday, April 23, 2017

Apakah Kode ARN Itu? Bagaimana Caranya Melacak Kode ARN?


Nomor referensi pengakuisisi ARN (Acquirer Reference Number) adalah nomor unik yang menandai transaksi kartu kredit saat beralih dari bank merchant (bank yang mengakuisisi) melalui skema kartu ke bank pemegang kartu (penerbit). Kode ini dapat digunakan oleh bank penerbit Untuk melacak transaksi dengan pengakuisisi. 

Misalkan bertransaksi online menggunakan kartu debit/kredit, pihak merchant melakukan refund karena alasan tertentu. Karena transaksi ini menggunakan kartu debit/kredit alias bukan transfer kawat atau juga transfer dari bank dalam ataupun luar negeri, maka pihak merchant melakukan pengembalian dana (refund) dengan mengirimkan kode ARN ataupun RRN untuk dilacak oleh bank penerima dengan kode tersebut.

Itulah agak sedikit bertele tele jika bertransaksi menggunakan kartu debit/kredit terjadi sesuatu hal, seperti refund ini.Jika kita bertanya, kenapa dana tidak bisa masuk otomatis ke bank?, ya karena alurnya ialah pihak merchant mengirimkan dana kita ke kartu debit/kredit dan uang kita ada di pihak pemilik kartu kredit/debit yaitu biasanya Visa ataupun Master Card.

Jika anda menanyakan kepada pegawai bank biasa, mereka tidak akan mengetahui kode tersebut atau tidak semua pegawai mengetahui kode tersebut.

Caranya untuk mendapatkan uang kita kembali yaitu:
Bawa buku tabungan dan KTP ke bank penerbit kartu debit/kredit, Sampaikan dengan jelas permasalahan anda ke Customer services bank, kapan anda melakukan transfer, tanggal berapa, berapa jumlah yang ditransfer, nama merchant.

Lalu berapa jumlah dana yang dikembalikan (refund) oleh pihak merchant. terus nanti customer services akan menanyakan kode ARN tersebut.

Jika pihak Customer services tidak mengetahui kode ARN tersebut, maka mintalah surat keterangan kepada CS tersebut bahwa bank penerbit kartu anda tidak mengetahui maksud dari kode ARN/RRN yang ditanda tangani oleh kepala Bank penerbit kartu debit/kredit anda. Lalu sampaikan surat tersebut ke pihak merchant agar di tindak lanjuti.

Kalau Pengalaman Saya, ketika saya datang ke bank penerbit kartu visa saya, CS bank tidak mengetahui kode ARN tersebut, bahkan CS tersebut bertanya ke petugas IT dan rekan-rekannya juga tidak mengetahui kode ARN tersebut, namun CS tersebut akan menanyakannya ke kantor pusat, dan tidak lama sekitar 3-4 hari saldo saya bertambah sesuai dengan refund dari merchant.

Selesai. 
Selamat mencoba




4 comments:

  1. apakah anda pernah mengalaminya atau ini hanya artikel saja?

    ReplyDelete
  2. Ya Itu Pengalaman Pribadi Saya,Karena Memang sangat sulit untuk mencari informasi ini. Makanya saya berbagi dan semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
  3. Mas saya jga mengalami ky gini,dikasih no arn,rrn ama batch...telp ke cs g tau itu...tolong dibantu dong mas,apa yg sy harus lkukan bila pihak bank tdak tau

    ReplyDelete
  4. Datang saja ke bank penerbit kartu debit/kredit, lalu jelaskan keluhan anda, biasanya petugas bank tidak mengetahui kode tsb, namun harap beliau menyampaikannya ke kantor pusat, jika 1 minggu belum masuk ke rekening kita juga. datang kembali ke bank tsb,maka mintalah surat keterangan kepada CS tersebut bahwa bank penerbit kartu anda tidak mengetahui maksud dari kode ARN/RRN yang ditanda tangani oleh kepala Bank penerbit kartu debit/kredit anda. Lalu sampaikan surat tersebut ke pihak merchant agar di tindak lanjuti.

    ReplyDelete