Laman

Kamis, 01 Agustus 2013

Tips Membuat kinerja Komputer Lebih Cepat


Tips Membuat kinerja Komputer Lebih Cepat


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai bagaimana agar komputer kita lebih cepat tidak lelet atau lamban.pernahkan mengalaminya kan? Jangankan untuk menjalankan program ,membuka windows saja sudah lama.Tentunya Sebagai pengguna komputer kita menginginkan mempunyai komputer yang mempunyai kinerja optimal, cepat dan stabil. .Dalam artikel ini saya ingin berbagi tips tentang bagaimana cara membuat komputer anti lelet dengan melakukan beberapa perawatan dan tune up sederhana terhadap komputer untuk meningkatkan kinerja windows.


Langkah langkah yang kita lakukan adalah


Mengetahui spesifikasi komputer kita,untuk mengetahui sampai batas mana komputer kita mampu bekerja atau untuk apa saja komputer kita bisa digunakan.Oleh karena itu jangan ragu untuk meng-upgrade komponen komputer kita terutama untuk RAM yang masih dibawah 1 GB. Apabila anda berminat membeli komputer baru, menurut saya spesifikasi minimal saat ini adalah komputer sekelas Intel Core 2 Duo, RAM DDR3 2 GHz, Hardisk SATA 250 GB dan 530 Watt Power Supply. Kemudian bersihkan komponen hardware, buka casing CPU dan bersihkan debu yang menempel pada mainboard, fan dan peripheral lainya dengan menggunakan sikat halus dan vacum cleaner.


Bila memang spek komputer kita pas-pasang instal-lah program yang benar-benar diperlukan saja. Ada baiknya juga untuk menggunakan program alternative yang mempunyai ukuran kecil dan tidak memakan banyak resource, diantaranya adalah:


Ø Microsoft Office, untuk membuat atau mengedit dokumen


Ø Adobe Reader, untuk membaca dokumen PDF


Ø Mozilla Firefox, untuk browsing lebih cepat dan aman


Ø Media player classic, untuk menjalankan file multimedia


Ø 7 Zip untuk membuat dan membuka file kompresi


Atau mungkin bisa melakukan langkah langkah berikut:


Bersihkan komputer dari virus, spyware dan malware dengan virus scanner seperti misalnya Norman Malware Cleaner, lalu install antivirus yang tidak memberatkan komputer, saya sendiri menggunakan avast free antivirus dan pastikan selalu update.


Matikan beberapa aplikasi yang berjalan otomatis saat windows startup. Saya menggunakan tools Start Up Control Panel untuk mengontrol program apa saja yang perlu atau tidak perlu di load saat windows start up. Download programnya di www.mlin.net/StartupCPL.shtml, lalu jalankan dan disable beberapa service yang tidak diperlukan.


Matikan System Restore pada beberapa partisi atau keseluruhan drive. Selain dapat meningkatkan kecepatan windows, mendisable fitur ini akan menghindari boomerang yang terjadi karena adanya virus yang bercokol di file-file restore point.


Ø Caranya: klik kanan icon My komputer – klik Properties – klik tab System Restore – check Turn off system restore






Bersihkan desktop dari shortcut dan file yang tidak sering terpakai. Untuk menyimpan file data sebaiknya simpan di folder atau drive tersendiri. Gunakan wallpaper yang tidak memakan banyak resource memory atau gunakan saja background warna pada tampilan desktop.


Atur Visual Effects for Better Performance,


Ø Caranya: klik kanan My komputer – klik Properties – klik tab Advance – pada menu Performance pilih setting, pada tab visual effect pilih Adjust for best Performance.


Bersihkan temporary file yang ada dilokasi C:Documents and Settings-namauser-Local Settings-Temp dan C:Windows-Temp


Jalankan Disk Cleanup Wizard untuk meng-compress old file dan membersihkan file-file yang tidak diperlukan.


Ø Caranya klik start – run – ketik : cleanmgr


Jalankan Disk Defragmenter secara teratur untuk merapikan kembali data-data yang tersimpan pada hardisk.


Ø Caranya klik start – run – ketik : dfrg.ms


Jalankan tools Checkdisk untuk memastikan struktur file dan direktory pada hardisk bebas dari error.


Ø Caranya : Buka Windows Explorer, Klik kanan pada hardisk yang aka di scan, pilih Properties, pilih tab Tools, pilih Error Checking, klik Check Now.


Ø check Automatically fix file system errors dan Scan for and attempt recovery of bad sector


Install ulang Windows dan Aplikasi. Apabila dirasa komputer sudah terlalu banyak masalah, inilah jurus terakhir yang dapat kita lakukan untuk membuat komputer kita kembali ke performa awal, selamatkan semua data ke partisi atau hardisk yang lain lalu mulai lagi semuanya dari awal, reinstall Windows dan program aplikasi lainnya. Mungkin itu saja tips nya mohon maaf jika ada kata kata yang sama,karena ya mau gimana lagi karena itu cara terbaik agar komputer kita lebih cepat kinerjanya,Ok itu saja Tips Membuat kinerja komputer lebih cepat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar