Sunday, April 23, 2017
Apakah Kode ARN Itu? Bagaimana Caranya Melacak Kode ARN?
Nomor referensi pengakuisisi ARN (Acquirer Reference Number) adalah nomor unik yang menandai transaksi kartu kredit saat beralih dari bank merchant (bank yang mengakuisisi) melalui skema kartu ke bank pemegang kartu (penerbit). Kode ini dapat digunakan oleh bank penerbit Untuk melacak transaksi dengan pengakuisisi.
Misalkan bertransaksi online menggunakan kartu debit/kredit, pihak merchant melakukan refund karena alasan tertentu. Karena transaksi ini menggunakan kartu debit/kredit alias bukan transfer kawat atau juga transfer dari bank dalam ataupun luar negeri, maka pihak merchant melakukan pengembalian dana (refund) dengan mengirimkan kode ARN ataupun RRN untuk dilacak oleh bank penerima dengan kode tersebut.
Itulah agak sedikit bertele tele jika bertransaksi menggunakan kartu debit/kredit terjadi sesuatu hal, seperti refund ini.Jika kita bertanya, kenapa dana tidak bisa masuk otomatis ke bank?, ya karena alurnya ialah pihak merchant mengirimkan dana kita ke kartu debit/kredit dan uang kita ada di pihak pemilik kartu kredit/debit yaitu biasanya Visa ataupun Master Card.
Jika anda menanyakan kepada pegawai bank biasa, mereka tidak akan mengetahui kode tersebut atau tidak semua pegawai mengetahui kode tersebut.
Caranya untuk mendapatkan uang kita kembali yaitu:
Bawa buku tabungan dan KTP ke bank penerbit kartu debit/kredit, Sampaikan dengan jelas permasalahan anda ke Customer services bank, kapan anda melakukan transfer, tanggal berapa, berapa jumlah yang ditransfer, nama merchant.
Lalu berapa jumlah dana yang dikembalikan (refund) oleh pihak merchant. terus nanti customer services akan menanyakan kode ARN tersebut.
Jika pihak Customer services tidak mengetahui kode ARN tersebut, maka mintalah surat keterangan kepada CS tersebut bahwa bank penerbit kartu anda tidak mengetahui maksud dari kode ARN/RRN yang ditanda tangani oleh kepala Bank penerbit kartu debit/kredit anda. Lalu sampaikan surat tersebut ke pihak merchant agar di tindak lanjuti.
Kalau Pengalaman Saya, ketika saya datang ke bank penerbit kartu visa saya, CS bank tidak mengetahui kode ARN tersebut, bahkan CS tersebut bertanya ke petugas IT dan rekan-rekannya juga tidak mengetahui kode ARN tersebut, namun CS tersebut akan menanyakannya ke kantor pusat, dan tidak lama sekitar 3-4 hari saldo saya bertambah sesuai dengan refund dari merchant.
Selesai.
Selamat mencoba
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
apakah anda pernah mengalaminya atau ini hanya artikel saja?
ReplyDeleteSaya alami di bank mandiri Purwokerto. Cs mba Saradina sitompul dgn cepat dan sigap bisa bantu saya untuk cairkan dalam waktu kurang dr 24 jam. Kejadian tgl 27 Mei 2021.🙏🙏🙏🙏👍👍👍👍
Deletepermisi mas, bagaimana kalau pihak bank menyatakan kalau mereka tidak bisa menggunakan kode ARN tersebut? apakah harus meminta surat keterangan seperti yang dinyatakan di atas mas? mohon bantuannya
DeleteThis comment has been removed by the author.
Deleteduhh, akhirnya saya mengalami juga, dana refund belum masuk ke nomer rekening
DeleteYa Itu Pengalaman Pribadi Saya,Karena Memang sangat sulit untuk mencari informasi ini. Makanya saya berbagi dan semoga bermanfaat..
ReplyDeleteSekarang saya yang ngalamin duit trading dari pusat udah masuk tapi ke rekening belom masuk lumayan gan $900
Deletepake merchant apa gan? sama nih duit ane 100$ blum masuk2 dari bulan september.
DeleteMas saya jga mengalami ky gini,dikasih no arn,rrn ama batch...telp ke cs g tau itu...tolong dibantu dong mas,apa yg sy harus lkukan bila pihak bank tdak tau
ReplyDeleteSaya pernah mengalamai kejjadian ini. Saya belanja di online shop metode pembayaran visa/m,singkat cerita barang yg ingin saya beli sudah habis, tp mereka menawarkan barang berbeda. Karena barang nya lebih murah sisa uang saya di kembalikan ke saya.Sempat kesel merasa d tipu karena katanya uang sudah d kirim tp blm masuk2, si pengirim mengirimkan bukti dr bank terkait kode arn. Kodenya itu di kasih ke cs..
DeleteDatang saja ke bank penerbit kartu debit/kredit, lalu jelaskan keluhan anda, biasanya petugas bank tidak mengetahui kode tsb, namun harap beliau menyampaikannya ke kantor pusat, jika 1 minggu belum masuk ke rekening kita juga. datang kembali ke bank tsb,maka mintalah surat keterangan kepada CS tersebut bahwa bank penerbit kartu anda tidak mengetahui maksud dari kode ARN/RRN yang ditanda tangani oleh kepala Bank penerbit kartu debit/kredit anda. Lalu sampaikan surat tersebut ke pihak merchant agar di tindak lanjuti.
ReplyDeleteAda contoh suratnya gak ga gan?
DeleteSoalnya bank BNI tidak mau menerbitkan surat
Sama saya juga mengalami hal yang serupa udah 3 Minggu di suruh nunggu oleh pihak bank yang bersangkutan, saya sebagai penerima bingung dana refund kok ngak masuk masuk ke rekening saya,melapor ke pihak bank malah di balik balik pertanyaan yg saya kasih. Gan kalau boleh tau caranya lebih detail gimana mengenai masalah gini gimana ia gan, apa kita ke bank cuman ngasih kode ANR sama RRN doang apa Gimana ia gan, apa kita minta surat bukti pengaduan bahwa kita melakukan refund lewat transaksi via kartu debit apa Gimana ia gan.
ReplyDeleteKalau pihak merchant tidak memberi ANR sama rrn gmna pak. Saya melakukan refund du traveloka tapi sudah 1 bulan dana tak masuk2
ReplyDeleteBoleh tau anda di bank mana waktu itu ? Saya mengalaminya skrg
ReplyDeleteSaya pernah di bank bni
DeleteUntuk kasus yg dari BNI gimana pak?
DeleteSaya juga sampai sekarang tidak ada titik temunya
Saya juga sama, wd dr trading $200 sampai sekarang belum masuk ke rekening. Di tanya ke bank tidak tahu malah menganggap itu penipuan dan tidak mau menerbitkan surat. Saya jadi bingung harud gimana, sudah 40 hari dana ga masuk2
DeleteBenar sekali , saya ngalami sendiri.
ReplyDeletesaya ngalami di bank mandiri
ReplyDeleteBrp lama pak di bank mandiri, sy juga skrg lg ngalamin, blgnya proses terus
DeleteMandiri ga akan jawab sampai selesai SLA 60 hari pak, sy soalny juga lagi ngalamin
DeleteDan masih gantung sejak lapor september tggl 7
saya skrg sedang mengalaminya lalu solusi nya gmn yak agar dana tersebut bisa masuk?mohon d bantu
ReplyDeletemakasih banyak infonya pak.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMau tanya kode arn berapa digit terima kasih🙏🏻
ReplyDeleteKal mau tanya kode arn berapa digit ya terima kasih ����
ReplyDeleteBagey mana cara mendapatkan kode arn nya ya mohon penjelasan supaya paham saya saya pakai kartu masterkat bri
DeleteYes bnyk temen juga kena ARN
ReplyDeleteSudah terselesaikan kah pak??? Saya sekarang lagi berkendala yang sama dengan bank mandiri, saya ke bank ga ada yg tau, merekapun telp ke IT tapi masih belum ada solusi
ReplyDeleteSaya tarik olymptrade visa card pihak jenius minta kode ARN .saya harus minta pada siapa yah kode itu dan gimana caranya? makasih
ReplyDeleteSaya malah terbalik kasih ARN buat dasar tracking pihak jenius bank btpn bertele-tele minta
DeleteTanggal transaksi :
Nominal transaksi :
Tanggal refund :
Nominal refund :
Nama merchant/e-commerce :
Kartu debit Jenius yang digunakan : m-Card/e-Card/x-Card :
Screenshot transaksi yang dilakukan pada menu In & Out :
Bukti pernyataan dari e-commerce yang menyatakan refund berhasil diproses :
ARN itu dari Merchand Mas, Pihak Aplikasi Jenius Bank BTPN minta bukti Merchand (AliExpress) sudah melakukan refund.
Aliexpress x Aplikasi Jenius Bank BTPN, Siapa yang lebih bisa dipercaya???
wah sama nih, saya lgi proses refund dari ecommerce, kebetulan hbs belanja di webiste BIKEINN.COM, pihak jenius menanyakan kode ARN, saya sudah email ke pihak ecommerce tapi ga di jawab2,
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAlhamdulillah dana refund saya sudah kembali, waktu itu bulan November kemarin melakukan pembatalan di JD ID dikasi kode ARN doang. Waktu transaksi pake kartu debit Mastercard BRI metode 3d secure. Setelah berbelit-belit tanya ke bank protes lagi ke JD beberapa kali sampai cape. Terahir saya bilang kalo saya transaksi oakai debit bukan kredit, pake metode 3dsecure. 1minggu lebih ada sms m-banking masuk uang refund tsb.
ReplyDeleteEh akhir Oktober waktu itu, masuknya januari.
DeleteUang yg masuk full ga? Soalnya yg kasus saya uangnya ga kembali full
DeleteSaya mengalami persis sama, cmn uang saya belum kembali, dari jdid sudah dikasih kode ARN, trus tlpon call center BRI ya sudah...pada waktu tlpon call center BRI kesannya tidak tahu perihal kode ARN tersebut..la wong cs aja ga tahu transaksi debit online....waduh...bolak balik ditanya pake BRIVA atau EDC, berulangkali saya jelasin pake 3d secure...waduuh...trus gimana ini....ke cs unit kira2 ngerti kagak yaaaaa
Deletesaya trade binomo, deposit via visa mastercard cimb niaga depo nominal kecil 140rb tanggal 1 pebruari 2020 lalu saya melakukan trade dan profit jadi 1500.000 saya melakukan widraw sebesar 1.000.000 eeee..., saldo akun sudah sukses by email dan terpotong namun uang belom masuk ke rekening saya, lalu saya compline ke cs binomo bahwa transfer 1jt sukses di kirim ke visa saya, saya bingung kenapa kok tidak masuk ke rekening saya, ternyata RRN saya disuruh ke kantor cabang menanyakan status transaksi RRN dan di kasi nomor RRN, rencana besok akan ke kantor salatiga cimba. semoga lancar lancar semuanya
ReplyDeleteSkrg sudah ada hasil? Smaa nih saya juga traading di olymptrade WD 100dollar sudah 5 hari udah ga masuk. Ada perkembangan? 082217730974 kalo ada perkembangan mohon dikabari ya mas
DeleteSaya sama kaya abng ni kasusnya.duitnya ada GK bang di cek dibank nya
DeleteSama saya bang.. kasus nya mirip banget. Cuman ane pake mandiri. Di suruh nunggu 2 minggu ato minta bukti tf nya ke broker nya malah. Bagi yg sudah beres untuk masalah ini please di share
DeleteJadi dari kode arn itu, dana otomatis masuk ke debit ya? Tanpa konfirmasi dll ya? Tinggal nunggu waktunya aja?
ReplyDeleteSaya juga mengalami hal yg sama..trading d olymtrade..dr tgl 11 maret hingga sekarang belum masuk ke rekening..sudah hubungi kantor bank mandiri pusat mereka tidak mengerti dengan kode ARN..malah d suruh nunggu aja..sampai kapan aku harus menunggu..huhuhu...
ReplyDeleteHal sama refund dari Alibaba ke debit BNI 1300usd mulai 20feb sampai April belum juga masuk ... Terus gimana langkah buat memahamkan pihak BNI ??
ReplyDeleteSaya mengalami hal serupa, penarikan olymptrade via permata 3kali 1 pun blum ada yg masuk dan sekarang saya coba tanyakan ke kawan yang kebetulan CS disana semoga besok ada kabar dan titik temunya karena sudah lumayan lama sejak pertengahan bulan kemarin
ReplyDeletesenasib gan, ane tgl 30 maret WD dari olymptrade ke jenius, belibet CSnya, minta ARN , pihak olymptrade baru kasih kode ARN tgl 4 April sore, saya baru email CSnya disertai kode ARN dri olymptrade, belum ada kabar.
Deletesaran ,kedepannya bagi trader olymptrade mending pake klikbca atau doku, cepet banget cairnya.
Saya juga mengalami hal yg sama trending di olymtrade dpt uwang hadiah tornamen.sdh di transfer lewat internet benking buktinya di kirem.tapi dananya tdk masuk ke rekening bijak bank nya pun tdk tau tentang kode itu bagey mana solosinya ya
ReplyDeleteMas Edy Suhendar tolong bantu saya untuk mencari solosinya mendapatkan kode arn nya terima kasih
DeleteNi penarikan juga lagi nyangkut,dr olym trade....
ReplyDeleteBarusan di urusin,malah pihak bank suruh bikin form pengaduan terkait hal tersebut,,,
Selamat siang gan,
ReplyDeleteMohon bantuannya agan2 dan aganwati yang mengetahui dan punya pengalaman, bagaimana cara mengklaim kiriman uang dari luar negeri ke rekening BRI. Ini saya dikirimi kode ARN oleh pengirim pada tgl 16 Maret 2020. Saya sudah 5 x menghadap ke kantor BRI tapi orang BRI tidak tau cara menelusuri transaksi dengan ARN tersebut dan tidak bisa. Mereka meminta data yang lebih lengkap.
Ini isi email pengirim:
Please be informed the Acquirer reference number,(ARN), is a unique number that tags a credit card transaction when it goes from the merchant's bank (the acquiring bank) through the card scheme to the cardholder's bank (the issuer). This number can be used by issuing banks to trace a transaction with an acquirer.
Saya diminta untuk mengambil surat pernyataan resmi dari BRI bahwa mereka tidak bisa mentracking transaksi dengan ARN yang dikirim ke saya, tetapi pihak BRI tidak mau memberikan surat pernyataan tersebut.
Terimakasih sebelumnya atas saran dan bantuan agan2 semua.
Ini fb saya, boleh dijawab ke postibgan terkait di fb saya:
ReplyDeletehttps://www.facebook.com/disponhibarmansah
I made Agoda refund due ncov19 n they will email us the ARN unique numb for our bank reference. The refund money will be transfer into our bank acc after we pass the ARN number to bank within 3days working hour.
ReplyDeletesiang pak saya sudah dapat no ARN nya trus gimana cara membuat laporan ke bank nya
ReplyDeleteKe CS Bank aja buat minta buatkan laporan uang gak Masuk ke rekening
DeleteSedikit Cerita Pengalaman saya Untuk kode ARN,Saya berbelanja di Bukalapak tgl 7 Maret 2020 pembayaran melalui Aplikasi Dana Debit Mandiri lansung,setelah 3 teryata barang kosong di kembalikan tgl 10 Maret 2020 setelah 14 hari Dana belum masuk ke rekening saya dan saya ke Bank untuk menanyakan ke CS Bank mandiri dan mereka tidak paham kode ARN, kemudian tgl 26 Maret saya coba lagi CS aplikasi Dana dan Bukalapak mereka tetap sarankan komplain ke Bank mandiri dan mereka suruh tunggu proses berjalan saya sudah putus asa Dana Saya Rp.12.700.569,- Lumayan uang segitu saya sudah putus asa terus saya kejar Aplikasi Dana dan Bank Mandiri sekitar 1 bulan berlanjut sampai saya hubungi lewat TLP CS Aplikasi Dana, Akhirnya tgl 5 Mei 2020 CS Bank mandiri bantu lagi katanya 1 Minggu kembali ke Bank kalau blm masuk lanjut tgl 12 Mei 2020 saya ke Bank lagi Dan CS Bank mandiri Bantu saya tlp CS Dana dan saya suruh ngomong ke CS Bank mandiri karena tidak ketemu ujungnya mereka Aplikasi DANA minta Mutasi Rekening dari awal transaksi sampai tgl 12 MEI siang jam 2 Di buat berita acara laporan Uang blm masuk Oleh CS Mandiri dan Pihak Dana juga mau bantu ganti pembayaran Refund tdk memakai Kode ARN Dan akhirnya tgl 12 itu juga Jam 6 Sore Dana saya masuk ke rekening jumlahnya Pas gak kurang,Cuma saya gak tau Uang saya bisa masuk Rekening karena ada berita acara yg di buat CS Bank mandiri atau perubahan Pembayaran di Ganti tidak memakai Kode ARN,,Jadi kesimpulannya kalau ada Permasalahan dgn Kode ARN Lebih baik CS Bank Dan CS Aplikasi berhubungan langsung seperti saya, Alhamdulillah semua Beres..
ReplyDeleteTerimakasih infonya
DeleteBukalapak juga harus lebih profesional dalam artian kalau barang kosong tapi ditulis masih ada stok ya di tegur pelapak nya. Harus update stok. Kasihan buyer. Hal ini bisa menimpa siapa saja termasuk saya juga.
DeleteBukalapak juga harus lebih profesional dalam artian kalau barang kosong tapi ditulis masih ada stok ya di tegur pelapak nya. Harus update stok. Kasihan buyer. Hal ini bisa menimpa siapa saja termasuk saya juga.
DeleteBuat pengalaman aja jangan transaksi lagi lewat debit
ReplyDeleteSaya wd dr exness ke btn via rrn dari bln des 2019 sampe 6 juli 2020 tidak masuk. Ke cs bank btn tdk tau apa itu rrn. Setelah diunjukan bukti2 email, wd di login akun, dll katanya masih dicek di pusat butuh waktu 3 hr. Klo udah beres ditelp. ribetnya Pake rrn visa. Saat ini juli 2020 masih banyak bank di indonesia blm pada tau. Jd hindari aja. Apalagi jumlah gede. Khawatir ilang. Pake paypal,crypto lebih aman dan cepet sampe
ReplyDeleteDuh ribet banget saya juga mengalami hal serupa. Ada beberapa USD dari paypal belum masuk ke akun jenis saya. Dimana sih letak permasalahan nya? Apakah kebijakan lokal kita atau dari visa? Padahal kalau PayPal refund di bank mancanegara its so simple guys. Gak seribet dinsini. La usaha harus tunggu pencairan 7-14 hari kerja ya beraaaaaaaat
ReplyDeleteDuh ribet banget saya juga mengalami hal serupa. Ada beberapa USD dari paypal belum masuk ke akun jenis saya. Dimana sih letak permasalahan nya? Apakah kebijakan lokal kita atau dari visa? Padahal kalau PayPal refund di bank mancanegara its so simple guys. Gak seribet dinsini. La usaha harus tunggu pencairan 7-14 hari kerja ya beraaaaaaaat
ReplyDeleteSaya juga punya hal yg sama dari olymtrade ke BRI bilangnya sdh di kirem bln Februari.tapi sampey sekarang dana tdk ada masuk ke rekening saya sdh ber ulang ulang tanya ke bank nya gagal blng nya tdk masuk
ReplyDeleteIzin share gan. Kebetulan saya pernah mengalami hal seperti ini dengan refund agoda menggunakan debit mandiri. Singkatnya setelah saya menunggu 30 hari dan dana refund tidak masuk rekening saya, saya telepon ke mandiri call dan saya infokan nomor arn yang sy terima ke csnya. Dan dalam waktu 24 jam dana refund sudah masuk ke rekening mandiri saya. Semoga bermanfaat buat agan2 yang mengalami hal serupa 🙏
ReplyDeleteP
ReplyDeleteSaya Sedang Mengalami, sudah seminggu dana tidak masuk. Dan akhirnya pihak Aplikasi Trading memberikan kode ARN dan RRN, Saya pergi ke Bank Esok hari nya... Eeehhhh pegawai bank nya gak ngerti itu kode apaan, dan entengnya dia bilang klw kita cuma penerima, harap konfirmasi ke pengirim lagi.
ReplyDeleteDan akhirnya saya telpon call center Bank, saya bilang pihak pengirim mengirimkan kode ARN dan RRN. Ternya dia ngerti dan minta kodenya... Selang tinggal nunggu, katanya maksimal 60 hari kerja. Tapi bisa lebih cepat.. klw udah diterima saya akan Komentar dsini lagi.
saya mengalami hal yang sama bang, kalau abang sudah terselesaikab nlm refundnya?
DeleteAlhamdulillah masuk dananya gak sampai 12 jam
ReplyDeleteMohon dibantuannya..
ReplyDeleteSaat ini sedang merasa bingung, saya membeli barang di lazada, lalu saya batalkan. Saya lapor ke cs nya, dia bilang kode arn akan dikirim, lalu menghubungi lagi ke cs lazadanya untuk memberitahukan kode arn tersebut.
Pertanyaan saya, kode arn akan dikirim lewat apa yak?
Lalu apakah setelah kode itu saya terima, baiknya kita datang langsung ke banknya apa mengirimkan kode tersebut ke cs lazadanya? Terus bagaimana caranya agar uang saya cepat kembali?
Terimakasih..
Mohon pencerahannya..
ReplyDeleteAda seseorang yg mengetahui nomor kartu dan masa berlaku kartu saya dan akhirnya saldo rek saya diambil dan di top up ke Tokopedia tetapi org tersebut tidak tau norek saya. Lalu saya berinisiatif untuk memblokir kartu tersebut.
Saya juga sudah membuat pengaduan ke tokopedia dan pihak tokopedia bersedia membantu dan sudah proses refund.
Saya juga menghubungi pihak bank untuk kejelasan kasus saya dan disarankan untuk blokir transaksi keluar rekening saya.
Pertanyaannya, jika saya mengganti kartu debit dg nomor berbeda dan membuka blokir rekening saya apakah dana refund tersebut masih bisa masuk? Pihak bank juga menyinggung soal kode ARN untuk pencairan dana refund tersebut.
Mas, saya narik dari paypal ke visa jenius M-card, biasanya instant sih dari paypal juga sudah terkonfirmasi "uang sudah terkirim" tapi pas saya cek di M card gak ada uang masuk. terus sama di tanya ARN apa pihak paypal bisa di minta kode ARN ?
ReplyDelete